Buku Tentang “Rahasia” Bank Indonesia

Terlalu banyak isu dengan sedikit jawaban —inilah fenomena sosial politik kita sehari-hari. Wacana keseharian terisi dengan saling tuding dan lempar masalah. Segala perkara yang muncul ke permukaan lalu kemudian dibahas dengan gaya rumpi. Lalu sepertinya semua pihak kian cerewet, mudah berpolemik, dan termakan dengan desas-desus.

Polah nyinyir seperti itu, nyaris tiada batas. Soal politik, urusan ekonomi, keamanan, dan lebih-lebih dunia hiburan, semuanya terjejali dengan gosip. Seolah-olah tak ada lagi sumber yang punya otoritas dan mampu menjelaskan duduk perkara. Atau justru masyarakat tak ingin informasi yang argumentatif seraya lebih memilih obrolan murahan?

Salah satu sasus yang sempat melesat dalam orbit politik-ekonomi nasional adalah tentang dibobolnya bank tertentu jelang perhelatan Pemilu. Media ramai menguas. Para pemain politik sudah buka suara. Dan kontroversi mulai tersulut. Lalu, benarkah itu? Begitu mudahkah sistem manajemen keputusan dan pengaturan perbankan kita hingga bisa diobok-obok para penguasa?

Buku ini, berjudul Darmin Nasution, Bank Sentral Itu Harus Membumi, bisa jadi referensi bagus. Memutus tabiat kita yang terlalu rajin melahap berita sepotong-sepotong dan malas melakukan pendalaman masalah.

Segala hal tentang perkara moneter, kebijakan fiskal, otoritas Bank Indonesia, serta pelbagai pelik-pelik persoalan di dalamnya, dibeber secara lugas. Kita menjadi punya pengetahuan yang lebih kaya setelah membaca buku ini. Selama ini, seolah Bank Indonesia adalah menara gading yang tak tersentuh.

Jelas tokoh yang jadi rujukan dalam buku ini punya otoritas. Kepakaran beliau sangat lengkap dari segala aspek. Seorang praktisi sekaligus teoritisi. Seorang yang terasah secara akademik (di kampus dalam negeri yaitu di UI dan luar negeri, yaitu Universitas Sorbone, Perancis). Pak Darmin juga kaya pengalaman. Darmin-lah yang oleh koleganya disebut-sebut sebagai Orang Lapangan Banteng (Kantor Menteri Keuangan) yang menjadi Orang Thamrin (Kantor Bank Indonesia). Maksudnya, dari seseorang yang berkutat dengan masalah fiskal (bagaimana berusaha mengatur pendapatan negara) menjadi seseorang yang harus menangani masalah moneter (mengatur stabiltias keuangan, di Bank Sentral, yaitu BI). Namun semua itu bisa dilewati, lantaran beliau berpegang pada prinsip yang bersumber dari buku Larry King, yang berjudul How to Talk Anyone? Buku itu mengatakan bahwa sejak awal kita harus memulai komunikasi dengan keterusterangan. Artinya, Pak Darmin memang selalu jujur dan apa adanya (Halaman 12).

Kelugasan juga menjadi ciri mantan petinggi Bank Indonesia ini. Secara detil, aspek-aspek manajerial, kepemimpinan, metode organsiasi, dan tabiat (plus budaya) orang-orang BI diulasi. Darmin seoalah tak sungkan membongkar dapur lembaga yang pernah dipimpinnya. Menurutnya, memang ada tradisi yang begitu kaku di tubuh BI. Orang-orang di sini memang para profesional dan pakar di bidang perbankan, tetapi kemudian terkesan menyimpan ego yang kuat. Merasa selalu benar dalam pendapatnya masing-masing.

Menurutnya, hanya faktor karakter dan etos kepemimpinan yang kuat sajalah yang bisa memandu BI ke arah pencapaian target (dan dalam memenuhi fungsinya). Olehnya, setiap keputusan penting di BI, harus berpijak pada asas due dilligence (pertimbangan dua sisi). Yaitu harus based on empiric (berbasis fakta-fakta), dan disertai panduan teori (sebagai peta berpikir).

Jika melihat uraian dalam buku ini, maka terasa musykil bahwa kebijakan Bank Indonesia sebagai Bank Sentral bisa mudah dipermainkan. Termasuk oleh para penguasa sekalipun —termasuk dalam soal pemenangan Pemilu. Output keputusan BI adalah berkaitan dengan jatuh bangunnya ekonomi negeri ini, tentu akan dilakukan langkah-langkah yang prudent (hati-hati). Nah, isu pembobolan Bank di setiap Pemilu, tentu harus kita tanggapi hati-hati. Jangan sampai ketika BI mengeluarkan dana talangan (bailout), maka itu disebut sebagai pesanan. Satu yang patut kita ingat, bahwa salah satu tanggungjawab BI memang disitu, yaitu membantu penyelamatan dunia perbankan (prinsip legal lending resort).

Arah Pak Darmin(?)

Basis ide Pak Darmin adalah menjadikan Bank Indonesia yang ramah, terbuka, dan berani membuka urat nadi keuangan ke sektor mikro (UMKM, Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro).

Beliau mendorong terjadinya tradisi baru, yaitu masyarakat kecil mampu memperoleh akses pinjaman. Menerutnya, orang Indonesia bukan pemalas dan bahkan bisa bekerja keras. Saya meyakini bahwa rakyat Indonesia itu tidak malas. Mereka rajin dan bekerja lebih keraas dari kebanyakan kita. Hanya saja mereka buntu dan bingung ketika hendak memperluas lahan usaha (lihat halaman 33). Di sini terlihat, arah Pak Darmin adalah menginginkan agar Bank Indonesia bisa membuka akses yang luas bagi rakyat.

Konsistensi

Konsistensi memperjuangkan terbukanya akses permodalan terhadap wong cilik terus dilakukan oleh Pak Darmin. Di bagian khusus buku ini, yang berjudul Kebijakan Ekonomi Untuk Semua Lapisan Masyarakat, terpapar argumentasi betapa pentingnya dunai perbankan nasional membantuk skema kredit mikro bagi rakyat kebanyakan. Menurutnya, dalam upaya pemerataan ekonomi tak boleh lepas dari faktor pemerataan akses (modal) bagi seluruh lapisan rakyat. Lantara tujuan mendasar pembangunan ekonomi bukanlah pertumbuhan semata, melainkan pemerataan kesejahteraan (halaman 67).

Catatan akhir, buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana. Meski membahas tema-tema yang berat, pembaca tak perlu mengernyitkan kening. Lebih-lebih sesungguhnya publik Indonesia tak asing lagi dengan isu dunia perbankan —karena kerap diulas di media massa. Begitu banyak bagian dalam buku ini yang bisa menjadi alat pencerahan, agar kita faham betul bahwa mengurus sektor moneter itu bukan sesuatu yang misterius, melainkan rasional belaka. Termasuk keterangan tentang bagaimana cara mendirikan bank, yang diulas tuntas di buku ini. Siapa tahu Anda berminat

Informasi Detil Buku

Judul : Darmin Nasution, Bank Sentral Itu Harus Membumi

Penulis : Tim Redaksi Galang Pustaka

Penerbit : Galang Pustaka, Yogyakarta, 2013

Tebal : 264 halaman

ISBN : 978-602-8174-78-7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s